admin@lsppa.or.id             (0274) 553042             TRANSLATE :     Spanish      Spanish      Spanish

Sosialisasi Perlindungan Anak

Anak adalah individu utuh yang mempunyai harkat dan martabat yang sama seperti manusia dewasa lainnya. Anak sebagai individu utuh mempunyai 4 hak dasar yaitu  hak hidup, hak tumbuh  dan tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi. Untuk memudahkan pemenuhannya di bagi menjadi 5 kluster :

  1. Hak Sipil dan Kebebasan
  2. Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif
  3. Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan
  4. Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya
  5. Perlindungan Khusus

Menurut UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak, bahwa yang berkewajiban memenuhi hak anak adalah : Negara (Pemerintah): sekolah dll, Masyarakat, Keluarga, Orangtua.

Untuk itu perlunya pemahaman bagi semua pihak bagaimana melakukan perlindungan anak. Sekolah, sebagai salah satu lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang akan belajar banyak hal dalam setiap tahap kehidupannya merupakan tempat strategis untuk memenuhi hak anak. Salah satu pemenuh hak anak di lingkungan sekolah adalah guru. Guru dalam fungsinya sebagai pendidik dan pengajar, fasilitator perlunya paham bagaimana memenuhi hak anak  di lingkungan sekolah. Untuk perlunya informasi tentang kegiatan perlindungan anak di lingkungan sekolah. Sebagai upaya penyebaran informasi kegiatan perlindungan anak Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBPPPA) bekerjasama dengan LSPPA melakukan sosialisasi kegiatan perlindungan anak di 17 kecamatan di Kab. Sleman pada bulan Mei-Juni 2014.

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *

happy wheels demo